Sekilas Mengenai Waralaba dan Network Marketing

Anda tahu Restaurant Mc’ Donald? Bagaimana sistem kerjanya hingga gerai-nya menggurita ke pelosok negeri ini, menghiasi mall-mall dan plasa-plasa walau berpusat jauh di negeri Paman Sam? Bagaimana juga sistem kerja mereka, hingga memiliki standard mutu, rasa, pelayanan, bahkan design gerai yang relatif sama di seluruh dunia??

Jika saat ini Anda memiliki uang 1 milyar, Andapun bisa menjadi pemilik gerai Mc’ Donald. Anda bisa membeli hak waralaba / frenchise yang disistemi oleh Mc’ Donald pusat. Dengan membeli hak waralaba, berarti Anda menjadi pemegang hak usaha Mc’Donald. Anda tidak perlu memikirkan masalah resep sajian, standard design gerai, HRD bahkan inovasi-inovasi usaha. Semuanya telah disediakan oleh pusat. Semuanya siap pakai. Anda menyerahkan semuanya pada Sistem. Sistemlah yang akan bekerja untuk Anda!
Itulah inti dari waralaba. Yaitu, penyebaran gerai sebanyak-banyaknya (dalam kerangka jaringan) dengan sistem yang sama.

Network Marketing : Waralaba Pribadi

Anda tidak mampu membeli hak waralaba Mc’Donald? Jangan berkecil hati. Dunia terus berkembang. Solusi terus dicari, hingga sistem baru juga ditemukan. Kini, dengan modal yang tidak besar, Anda juga bisa memiliki waralaba. Karena begitu kecilnya modal awal – bahkan relatif tidak ada – waralaba ini amat mudah diikuti secara pribadi-pribadi, siapapun, dengan kondisi keuangan pribadi seperti apapun. Hingga disebut juga waralaba macam ini dengan waralaba pribadi. Dan dikenal di masyarakat dengan sebutan Network Marketing.
Network Marketing : Mendatangkan Penghasilan Multiplikasi
Gambar di atas bisa menjadi analogi dalam pola laku manusia mendatangkan penghasilan. Kadal / Cicak sedang mengusahakan penghasilan linear. Sedang Laba-laba sedang menjalankan penghasilan multiplikasi. (baca artikel : Penghasilan Anda : Linear atau Multiplikasi?)
Begitulan cara kerja Network Marketing. Inti dari Marketing tetaplah ada barang/jasa yang dijual. Namun, ketika disandingkan dengan kata Network, artinya akan menjadi sedikit berbeda. Network Marketing bisa diartikan sebagai : Marketing lewat banyak tangan. Atau : “Menjual sedikit lewat banyak orang”. Yang dibangun adalah jejaring marketer. Semakin banyak marketer yang kita bangun, semakin banyak income yang akan dihasilkan.
Dengan mengacu pada gambar ilustrasi di atas, maka network marketing ibarat menginvestasikan “perjuangan/usaha”. Awalnya, Laba-laba akan mengorbankan waktu lebih banyak ketimbang Kadal. Namun, apa yang akan diraih laba-laba kelak, akan jauh lebih banyak ketimbang Kadal.

Network Marketing : Sistem Siap Pakai

Network Marketing tidak ubahnya Perusahaan Waralaba macam Mc’ Donald. Makanya Network Marketing kerap juga digelari waralaba pribadi. Sistemnya siap pakai. Ada perusahaan penyedia produk/jasa. Ada divisi pendistribusian produk. Ada tools-tools pendukung, ada sistem kompensasinya. Dan, Anda tinggal menjalankannya.


Anda Adalah Pengusaha : Seorang Entrepreneuer!!

Namun, di Network Marketing, Anda adalah pemilik usaha. Anda adalah bos bagi diri Anda sendiri. Anda sendiri yang menentukan laju akselerasi bisnis Anda.
Andapun berhak membangun jejaring usaha. Mengajak rekan, family dan kerabat untuk menjalankan usaha yang sama. Begitu pula nanti yang akan dilakukan oleh rekan, family, kerabat yang Anda ajak. Mereka akan melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan : mengajak rekan, family, kerabat mereka sendiri. Begitu seterusnya, hingga terbentuk jejaring marketing.

Darimana Anda mendapatkan Uang?

Misalnya, Anda baru saja membeli sebuah TV di Hypermart. Barangnya murah dan berkualitas. Anda sampaikan hal tersebut ke seorang teman : “Eh itu loh TV 14 inch di Hypermart murah banget. Bagus lagi!”. Dan teman itu segera juga ikut membelinya, sekaligus melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan : berpromosi kepada orang lain bahwa ada TV 14 inc murah dan bagus di Hypermart. Terbentuklah bola salju : sebuah marketing tanpa disadari. Anda sukses menjadi bintang iklan sebuah hypermarket. Padahal : Anda tidak dibayar sepeserpun oleh pemilik hypermarket tersebut.
Tepat di titik itulah Network Marketing memberikan reward. Anda akan dihargai ketika mengajak orang lain menggunakan produk/jasa yang ditawarkan perusahaan penyelenggara. Anda adalah bintang iklan, dan Anda berhak atas sebagian omzet perusahaannya bukan?
Jikalau banyak perusahaan Network Marketing bisa membayar bonus gila-gilaan kepada para marketernya, itu adalah hal wajar. Perusahaan Network Marketing biasanya tidak melakukan promosi produk via iklan di berbagai media. Biaya pemasangan iklan inilah yang kemudian dialihkan kepada Anda sebagai pelaku marketing dalam bentuk bonus/reward.

About SynerBiz

NetPreuner On SynergyWorldwide

Posted on June 22, 2010, in Bisnis and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: